Minggu, 10 April 2016

Manfaat Bermain Futsal

Posting : Unknown | Rilis : 12.26.00 | Tags :
Dewasa ini, futsal telah menjadi olahraga yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, bahkan wanita sekalipun mulai ikut bermain futsal. Hal ini terjadi karena futsal merupakan olahraga indoor yang tidak mengenal waktu dan cuaca. Kapanpun ingin bermain futsal (pagi, siang, atau malam) cukup mencari dan menyewa lapangan futsal, selanjutnya bisa langsung bermain. Bagaimanapun cuacanya (panas, dingin, cerah, atau hujan) futsal bisa tetap dimainkan. Selain karena hobi atau mencari kesenangan, banyak juga orang yang bermain futsal karena mereka mengetahui manfaat yang bisa diperoleh. Menurut pelatih futsal Andrie Virman, ada 7 manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga futsal antara lain:

1. Keahlian Teknik (Skillful)
Permainan futsal sebetulnya sangat jauh berbeda dengan sepakbola yang dimainkan di lapangan konvensional. Jika sepakbola lebih menekankan fisik dan power, futsal lebih menekankan pada keahlian teknik, khusunya teknik dasar seperti passing, dribbling, control ball, dan shooting. Menurut pelatih Andrie Virman, keberhasilan sebuah tim dalam futsal sangat dipengaruhi oleh kemampuan tim dalam teknik penguasaan bola dan mengoper bola dalam passing-passing pendek dan cepat. Inilah yang menjadi ciri khas dari futsal yaitu mengandalkan bola-bola bawah dengan passing yang akurat dan cepat ke sasaran. Sehingga dengan bermain futsal, teknik dasar pemain akan meningkat.

2. Kerjasama Tim (Teamwork)
Dalam futsal kerjasama tim merupakan faktor krusial untuk memenangkan suatu pertandingan. Jika di sepakbola sebuah tim bisa memenangkan pertandingan dengan one man show, namun tidak demikian dalam pertandingan futsal. Futsal menekankan pasing-pasing pendek dan cepat sehingga setiap pemain dalam satu tim harus berkontribusi. Membentuk organisasi yang rapi dan kokoh, baik dalam bertahan dan menyerang membutuhkan kerjasama dari setiap pemain dalam sebuah tim. Kerja sama tim bisa terjalin dari proses latihan dimana antar pemain saling mengenal karakter rekannya satu sama lain di tim. Kerja sama tim tidak hanya secara permainan, tapi secara komunikasi antar pemain dalam lapangan harus terjalin dengan baik dan benar. Tanpa hal tersebut maka organisasi tim yang hendak dibangun akan rapuh. Disinilah futsal mengajarkan kepada setiap pemain pentingnya kerja sama.

3. Melatih Fisik & Stamina (Strength & Endurance)
Ciri khas lainnya dari futsal adalah permainan dalam tempo tinggi dan cepat. Karena permainannya cepat maka fisik pemain akan sangat menentukan keberhasilan tim. Maka tidak heran dalam pertandingan futsal, pergantian pemain hanya dalam waktu singkat. Sangatlah dibutuhkan pemain yang memiliki stamina dan daya tahan yang kuat selama permainan bergulir. Dan dari futsal, pemain dapat melatih semua itu.

4. Berpikir Cepat (Quick Thinking)
Permainan futsal tidak hanya melibatkan kemampuan fisik dan pasing pendek dari kaki ke kaki. Kecepatan berpikir dalam mengambil keputusan disaat yang tepat juga merupakan faktor yang krusial. Ketika permainan berlangsung, sedetik saja pemain telat dalam mengambil keputusan maka bisa menjadi bumerang bagi tim. Disinilah futsal mengajarkan kepada setiap pemain untuk berpikir cepat dalam mengambil keputusan, tidak hanya mengandalkan fisik dan teknik tapi juga otak.

5. Permainan Cerdas (Intelligent)
Futsal adalah permainan yang penuh strategi dan taktik, dimana permainan ini akan terus berkembang. Adu strategi dan taktik antara kedua tim dalam sebuah pertandingan sangat menarik untuk ditonton. Pemain yang turun di lapangan dituntut untuk memiliki kecerdasan, seperti membaca pergerakan lawan atau permainan lawan. Pemain yang memiliki intelegensi yang baik tentunya akan mempunyai visi permainan yang baik pula.

6. Disiplin (Self-Discipline)
Futsal akan membantu setiap pemain untuk meningkatkan kedisiplinan. Pemain yang baik akan menjaga kedisiplinannya tidak hanya dalam pertandingan tapi juga saat berlatih. Pemain yang baik akan menghargai waktu dan rekan-rekannya yang terlebih dahulu datang tepat waktu latihan. Dengan kedisiplinan dalam berlatih, secara otomatis kedisiplinan dalam bermain akan terbentuk dengan sendirinya, baik itu kedisiplinan ketika bertahan maupun menyerang.

7. Hiburan (Entertainment)
Futsal adalah olahraga yang menghibur. Banyak orang yang bermain futsal dengan tujuan untuk menghibur diri sendiri. Dengan bermain futsal, stress atau kejenuhan dalam rutinitas sehari-hari bisa berkurang. Selain itu saat ini futsal telah menjadi daya tarik bagi masyarakat yang ingin menikmati keindahan permainan bola kaki. Dengan tempo permainan yang tinggi dan cepat, passing-passing bola bendek yang cepat dan akurat, serta pergerakan pemain yang dinamis memberikan hiburan bagi masyarakat pencinta permainan bola kaki.

Jadi demikianlah 7 manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga futsal menurut pelatih futsal Andrie Virman. Mengingat peminat futsal yang kian hari kian bertambah, serta makin banyaknya tempat penyewaan lapangan futsal saat ini, maka diprediksi futsal akan tetap eksis hingga tahun-tahun mendatang.

Sumber: futsalife.com dengan beberapa perubahan oleh Admin

google+

linkedin