Kamis, 23 Juni 2016

Sarung Tangan Kiper

Posting : Unknown | Rilis : 22.00.00 | Tags :
Futsal adalah olahraga yang misi bermainnya adalah untuk memasukkan bola ke dalam gawang. Dilakukan dengan melakukan operan-operan dengan rekan 1 tim, membentuk suatu kerjasama yang kompak untuk melakukan serangan pada lawan. Setiap pemain tentu berkesempatan untuk bisa mencetak gol. Namun tidak semudah itu untuk bisa mencetak gol, karena gawang dijaga oleh seorang pemain yang disebut penjaga gawang (kiper). Kiper adalah pemain yang bertugas menjaga gawang dari kemasukan gol, dengan menggunakan seluruh tubuhnya, baik tangan, kaki, badan, maupun kepala. Salah satu perlengkapan utama dari seorang kiper yang sekaligus membedakannya dari pemain lain adalah sarung tangan kiper (goalkeeper glove).

Penggunaan glove oleh seorang kiper memiliki 2 tujuan utama, yaitu untuk melindungi tangan kiper dalam permainan dan agar tangkapan bola oleh kiper lebih maksimal dan lengket. Hingga saat ini, berbagai jenis gloves diciptakan dengan beragam teknologi dan fungsi-fungsi yang lebih spesifik untuk mendukung performa kiper. Dari segi tingkat proteksi pada tangan, penggunaan pada lapangan keras/lunak, digunakan saat cuaca kering/basah, hingga bentuk/desain jari yang dibuat. Beraneka brand pun mulai bermunculan dari berbagai produsen alat-alat olahraga.

Di dalam futsal sendiri, seorang kiper juga memiliki opsi untuk bermain tanpa/dengan gloves. Bagi mereka yang memilih bermain menggunakan glove, ada 2 jenis glove yang biasa digunakan yaitu glove full-finger dan half-finger. Glove full-finger adalah sarung tangan yang secara menyeluruh menutupi tangan kiper, dari pergelangan hingga ujung jari. Sedangkan glove half-finger adalah sarung tangan yang tidak menyeluruh menutupi tangan kiper. Glove jenis ini hanya menutupi telapak tangan, sedangkan jari-jarinya tidak.

Bagi mereka yang memilih bermain tanpa glove atau dikenal dengan sebutan "barehand", ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi yaitu kiper bermain murni dengan tangan kosong atau dengan tangan yang dibalut dengan fingertape/wristtape. Fingertape/wristtape berupa karet berbentuk plester yang direkatkan pada ruas-ruas jari ataupun pergelangan tangan yang berfungsi untuk meminimalisir resiko cedera saat menepis bola. Fingertape/wristtape ini berfungsi menjaga sendi agar tetap berada pada tempatnya/tidak bergeser saat menerima benturan dari bola.

Jika ditanya manakah yang terbaik diantara bermain dengan glove full-finger, half-finger, fingertape/wristtape, atau dengan tangan kosong? Ini kembali pada karakteristik dari kiper itu sendiri. Mereka yang bermain lebih mengutamakan safety, tentu memilih menggunakan glove. Sedangkan bagi mereka yang ingin bermain lebih atraktif dengan teknik melempar, akan memilih bermain tanpa glove. Kenyamanan dalam bermain untuk mendongkrak perform tetap menjadi prioritas utamanya.

google+

linkedin